Breaking News

Peringatan Hari Tuberculosis Sedunia Tahun 2019 Kabupaten Padang Pariaman


Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) diperingati setiap tanggal 24 Maret, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi epidemi di dunia. Di indonesia TBC merupakan penyebab kematian nomor satu diantara penyakit menular lainnya. Peringatan HTBS 2019 ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian TBC sebagai isu utama semua sektor.

Dalam kegiatan ini Bupati Padang Pariaman, diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Bapak Jonpriadi menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan HTBS dapat dijadikan sebagai momentum dimana kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC dilakukan melalui aksi gerakan Temukan TBC Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC) yang merupakan kegiatan penemuan secara aktif dan masif sekaligus mendorong pasien TBC untuk memeriksakan diri dan menjalankan pengobatan hingga tuntas.

Tema HTBS 2019 di Global “It’s Time” sejalan dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK), Indonesia mengambil tema peringatan HTBS tahun 2019 yaitu “Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya”. Dengan aksi TOSS TBC. “Upaya pencegahan dan pengendalian TBC tidak dapat dilakukan oleh sektor kesehatan semata, tetapi perlu komitmen multisektoral karena permasalahan terbesar terbesarnya justru masalah nonteknis” ujar Bapak Jonpriadi.

Pada tahun 2018, Penemuan kasus di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 730 orang, sementara target sasaran sebanyak 930 orang, berarti masih banyak kasus yang belum ditemukan dan inilah saatnya kita aktif agar bisa diobati sehingga tidak ada lagi penularan serta kabupaten Padang Pariaman bisa menuju Eliminasi TBC tahun 2030.

Setelah sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, dilanjutkan dengan Senam Sehat yang diikuti oleh Sekretaris Daerah, kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Kepala OPD lainnya yang ada di lingkungan Pemerintahan Padang Pariaman, perwakilan dari Puskesmas di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, dan ASN Dinas Kesehatan Padang Pariaman, dan dilanjutkan dengan pemerikasaan kesehatan diantaranya: Pemeriksaan Kolestrol, Gula Darah, Asam Urat dan juga ada pojok konsultasi gizi terkait keluhan - keluhan dari pasien.

“Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya”  

Salam Sehat, Sehat Indonesia 

 

                                              

Penandatangan Komitmen oleh Sekretaris Daerah                   Penandatangan Komitmen oleh Kepala DinKes

 

                                               

Sambutan Sekretaris Daerah                                                                                   Pelepasan Balon

 

                                    

                     "Senam Sehat"                                                                                                 "Foto Bersama"

 

                                    

                           "Konsultasi Gizi"                                                                                      "Pemeriksaan Kesehatan"



BACA JUGA

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20151012/php_pdo_sqlite.dll' - /usr/lib/php/20151012/php_pdo_sqlite.dll: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: